Festival Hasil Bumi Poso, hadir untuk desa rajut kedaulatan

0
2043

“Ada banyak kabar baik dari Poso yang bukan tentang konflik” demikian penjelasan Lian Gogali, pendiri dan ketua Institut Mosintuwu Poso. “ Salah satunya adalah semangat masyarakat desa untuk membangun desa dengan mengelola potensi sumber daya alamnya. Semangat untuk desa membangun paska konflik ini menjadi ruang antar dan kesempatan dalam masyarakat dari berbagai latar belakang agama dan suku untuk saling percaya dan mau bekerjasama” lanjutnya. Ini menjadi salah satu alasan mengapa Festival Hasil Bumi untuk kedua kalinya diadakan di Kabupaten Poso tanggal 18 – 19 September 2017.

Festival Hasil Bumi tahun ini mengambil tema ‘kembali ke alam, merajut kedaulatan desa’ karena bercermin dari proses pengorganisiran Institut Mosintuwu di desa. “Dalam proses bekerjasama dengan sekolah perempuan di desa, kami menemukan bersama mimpi tentang desa yang harusnya dapat menjadi pusat peradaban, atau desa yang bisa memberikan landasan bagi kehidupan ekonomi, sosial, dan kebudayaan dalam masyarakat.” kata Lian.

Hal ini, menurut Lian diyakini bersama dapat dimulai dengan menggali potensi di dalam desa. Proses penggalian potensi alam dan sumber daya manusia ini kemudian melahirkan penciptaan dan inovasi produk di dalam desa. “ Saat ini terdapat 10 desa di Kabupaten Poso yang sudah menemukan inovasi produk yang bersumber dari potensi sumber daya alamnya, salah satunya kopi di Desa Bancea, dan minyak kelapa murni yang diproduksi ibu-ibu di Desa Kilo” sambungnya. “Jika kita kembali ke desa, mengelola potensi sumber daya alam yang ada dengan menggunakan kekuatan masyarakat, maka desa menjadi kekuatan untuk maju dan berkembang bagi kesejahteraan masyarakat, dan dalam konteks masyarakat paska konflik menjadi sebuah ruang yang memastikan terciptanya perdamaian yang berkelanjutan di Kabupaten Poso”

Baca Juga :  Mosintuwu Award 2022 : Penjaga Tradisi Danau dan Jurnalis Lingkungan

Masih menurut Lian, meskipun desa memiliki potensi ekonomi dan kekuatan sosial masyarakat, produksi massal makanan instan telah menyingkirkan pangan lokal di desa, bahkan menggusur tanah, merusak air, dan mengancam ekosistem desa. “Karena itu dibutuhkan ruang yang dengan sengaja dibuat dan dikelola untuk mengingatkan, untuk berjumpa membincangkan situasi desa, sambil belajar dan berbagi pengetahuan dalam pengelolaan pangan dari kekayaan desa untuk saling menginspirasi. Juga sebuah ruang yang memperlihatkan kekuatan perempuan dalam desa untuk diakui dan menjadi salah satu penentu dalam pengelolaan desa, sekaligus menampakkan persoalan-persoalan pengelolaan pangan lokal di desa” Lian menegaskan kebutuhan ini “ Festival Hasil Bumi adalah ruang untuk itu”

Direncanakan sekitar 50 desa dan kelurahan dari Kabupaten Poso akan mengikuti Festival Hasil Bumi yang diadakan di Tentena, tanggal 18 – 19 September 2017. Mereka berasal dari seluruh kecamatan di Kabupaten Poso, termasuk Poso Pesisir bersaudara , Lage dan Poso Kota bersaudara yang mayoritas beragama Islam dan terdapat Hindu, sebagian besar bermata pencaharian sebagai nelayan lain dan petani, pedagang. Hadir juga masyarakat desa dari wilayah Pamona bersaudara serta Lore Selatan dan Kabupaten Morowali yang mayoritas beragama Kristen dan bermata pencaharian petani dan nelayan danau. Para petani dan nelayan yang mayoritas perempuan ini akan membawa beragam hasil bumi untuk dipamerkan, juga dijual, sambil mengikuti serangkaian kegiatan yang merayakan kebaikan alam dan pangan lokal sebagai modal untuk membangun perdamaian dan keadilan. “Akan hadir juga perwakilan desa dari Sulawesi Selatan yang diorganisir oleh kelompok Perempuan Kepala Rumah Tangga ( PEKKA )” kata Cici, koordinator program Festival Hasil Bumi.

Baca Juga :  Festival Mosintuwu, Festivalnya Rakyat Desa

Cici, menjelaskan kegiatan-kegiatan di Festival Hasil Bumi “ Akan ada Parade Hasil Bumi; berbagi bibit antar desa; warung desa, workshop kuliner asli dari suku Bada, Mori, Pamona, Napu; pojok resep yang menuliskan resep – resep asli Poso; lomba memasak, dan kegiatan makan bersama atau Molimbu. Kegiatan lainnya meliputi kegiatan konser musik yang menghadirkan vokalis Navicula, Robi Navicula; lomba fotografi hasil bumi; lomba menulis cerita hasil bumi; kegiatan bertemu pengrajin bambu, bingka lora dan pengrajin kain dari kulit kayu; kegiatan workshop tentang desa; dan terdapat pojok permainan anak-anak desa”

Seluruh kegiatan di Festival Hasil Bumi, menurut Cici, menggambarkan semangat untuk merayakan kebaikan alam dan pangan lokal desa. “ Karena itu kami berharap seluruh masyarakat dapat mengikuti atau berkunjung ke Festival Hasil Bumi untuk mendukung desa-desa aktif membangun perdamaian dan keadilan di Poso”

Tinggalkan Balasan

Silahkan berkomentar
Mohon masukkan nama anda