Dua Bupati, Satu Walikota

0
1053
Kota Poso dari atas. Foto : Mosintuwu/LuckyArie

Dalam sepekan di akhir Maret 2021, saya berkesempatan jumpa dua Bupati dan satu Walikota. Berturut-turut berdasarkan waktu. Pertama, Bupati Sigi, Irwan Lapata. Kedua, Walikota Palu, Hadiyanto Rasyid. Dan ketiga, Bupati Poso, Verna Gladies Merry Inkriwang.

Ketiga mereka ini, baru saja terpilih pada pilkada yang lalu.  Tentu, semangatnya juga masih baru. Banyak soal yang dibincangkan, mulai dari potensi sumberdaya alam dan sumberdaya manusia  hingga management pengelolaan kepemerintahan (governance management).

***

Kabupaten Sigi sebagai Kabupaten konservasi memiliki potensi sumberdaya alam yang besar, unik, Penting dan bernilai tinggi. Dia juga memiliki posisi tawar geografi bermakna konektivitas antar kawasan. Di hulu, bersebelahan dengan Poso, Luwu, Mamuju dan Donggala. Sedangkan, di hilir, terhubung sangat dekat dengan kota Palu.

Beberapa saat lalu, Kabupaten Sigi ini telah menyatakan Identitasnya secara berani sebagai Kabupaten konservasi. Ini pilihan cerdas karena memiliki potensi spesifik luar biasa. Di sini ada danau Lindu yang mengirim air ke Palu melalui sungai gumbasa hingga sungai Palu sepanjang masa. Lantaran potensi unik tersebut, di kawasan ini terdapat taman Nasional Lore Lindu. Bupati bicara banyak hal, diantaranya pewilayahan komoditas.

Saya berpandangan, pertanian atau perkebunan skala rakyat, peternakan dan perikanan darat adalah pilihan yang tepat. Cocok dengan kondisi geografis wilayahnya. Luasan hutan yang terpelihara akan menjadi kunci bagi garansi daur hidrologi yang terjaga. Dia mensuplai air untuk kebun, kolam ikan dan ternak. Serta, tentu saja manusia. Sudah lama, ahli menyebutkan “forest is a mother of agriculture”.  Saya malah bilang, forest is a mother of life”. Sebab, tidak ada mahluk yang dapat hidup tanpa air. Sedangkan, air dirawat ketersediaannya oleh hutan.

Baca Juga :  Mampasimbaju, Merawat Legasi Pitarah di Tengah Gempuran Masa

***

Setelah Bupati Sigi, saya jumpa Walikota Palu, Hadiyanto Rasyid. Tapi, jumpanya hanya virtual. Ada sekolah menggagas Webiner bertajuk pentingnya bahasa asing bagi generasi. Saya tertarik, maka saya ikut serta. Di sini Walikota yang menguasai bahasa Inggris dan Arab ini mengurai urgensi penguasaan bahasa asing di era kontemporer.  Menarik sekali. Bukan sekedar himbauan. Tapi, sekaligus memberikan teladan diri.

Saya sangat gembira, karena ini adalah kerja saya lebih sepuluh tahun terakhir bersama Om Arthur Pangemanan. Mengajari secara gratis, anak Indonesia di kota Palu akan bahasa Inggris dan Perancis. Saya terinspirasi oleh dua pengalaman pribadi. Pertama, di kota Lyon-france. Kedua, di kota Melbourne dan Sidney Australia. 

Di Lyon, saya ikut perkumpulan yang digagas kaum lansia. Namanya, “les association des estudiantes stranger a Lyon France” (asosiasi mahasiswa asing di kota Lyon-france). Tujuannya, membantu secara gratis, mahasiswa asing untuk lancar berbahasa Perancis dan tukar menukar kebudayaan.  Sedangkan di Melbourne saya menemukan satu gereja kecil yang  punya program, mengajarkan bahasa Inggris gratis untuk mahasiswa asing. Di sebelahnya, ada Masjid Monash university yang sebulan sekali membagi sembako gratis. Di kota Sidney, ada perkumpulan mahasiswa asing untuk belajar bahasa Inggris. Basisnya, sukarela dan cuma cuma. Mereka menginspirasi aksi Kemuliaan. Karena itu, saya menduplikasinya sebagai contoh.

Baca Juga :  Anak-Anak Poso dan Kisah Pentingnya Buku

Saya berfikir, Walikota tidak perlu menguras APBD untuk beasiswa besar besaran. Cukup memfasilitasi lahirnya groups bahasa asing untuk rebut beasiswanya di dalam maupun luar negeri. Hidupkan perpustakaan dan atau ruang publik lainnya. Di sini selain pemantapan bahasa, mereka juga diajari cara mengakses informasi dan strategi peroleh beasiswa. Anak anak potensial yang berjiwa mulia itu banyak di kota Palu. Selama ini pun, mereka bergerak sendiri. Sayang, kalau potensi kesukarelaan ini tidak di support atau dimanfaatkan.

***

Hal terakhir yang saya ucapkan kepada Walikota Palu inilah yang cukup panjang saya diskusikan dengan Bupati dan Wakil Bupati Poso. Tentang, keikutsertaan masyarakat dalam agenda pembangunan (communty participation). Kala itu, kami, pemerintah dan masyarakat lingkar danau yang dimotori Institut Mosintuwu Mosintuwu,  organisasi masyarakat sipil di Poso, sedang membahas agenda Geopark Danau Poso, sebagai danau purba terbesar ke tiga di Indonesia.

Ada dua energi pembangunan yang tidak konvergen selama ini. Pertama, agenda pemerintah yang tidak di dukung masyarakat. Dan kedua, agenda inisiatif masyarakat yang tidak dianggap atau dipedulikan oleh pemerintah. 

Baca Juga :  Festival Mosintuwu, Ikhtiar Memuliakan Alam & Kebudayaan untuk Kehidupan Kini dan Kelak

Negara jepang memberi satu contoh yang unik. Pemerintah mereka sangat perkasa. Merasa mampu segalanya, SDM (mental model dan teknologi)  hingga finansial (budget supporting). Segalanya berjalan baik baik saja. Tapi, bencana kota Kobe tahun 1995 merubah semuanya. Pemerintah sadar tidak punya arti tanpa dukungan masyarakat. Saat itulah, lahir organisasi  masyarakat sejenis NGO, bernama NPO (Non Provite Organisation). 

Contoh kebalikannya ada di Indonesia. Kita punya budaya gotong royong. Masyarakat berinisiatif secara bersama untuk agenda kehidupan mereka. Itulah identitas negeri. Tapi, makin lama kian memudar. Dirusak oleh mentalitas baru bernama Proyek dan Korupsi. Kepercayaan hancur lebur. Negeri ini terseok-seok menemukan kembali identitas (local wisdom) yang hilang ini.

Kiranya dua Bupati dan satu Walikota ini bisa memproduksi contoh baik (good practice) untuk digandakan. Menjadi pelajaran (lesson learn) yang mulia bagi generasi. Salam kebajikan untuk ketiganya.  Melangkahlah dengan yakin untuk kemaslahatan, karena rakyat telah menorehkan rasa percaya

Bagikan
Artikel SebelumnyaEkspedisi Poso untuk Taman Bumi Danau Poso
Artikel SelanjutnyaWarga Gugat Balik Poso Energi untuk Hak Kelola Air
Nur Sangadji , Associate Profesor bidang Ekologi Manusia, akademisi dan pegiat lingkungan. Aktif sebagai salah satu tim ahli Kajian Lingkungan Hidup Strategis ( KLHS ) dan Forum Danau Indonesia, dan Dosen di Universitas Tadulako Palu, Sulawesi Tengah. Lahir di Ambon, saat ini tinggal di Palu, Sulawesi Tengah. Menempuh pendidikan S1 bidang budidaya pertanian di Univ.Tadulako, pendidikan S2 di Université Jean Moulin, Lyon, Prancis, bidang Ekologi Manusia, dan pendidikan S3 di IPB Bogor bidang Ekologi Manusia Penyuluhan Pembangunan.

Tinggalkan Balasan

Silahkan berkomentar
Mohon masukkan nama anda