Dongeng Ajaib di Radio MosintuwuStory Telling at Mosintuwu Radio

0
528

Bagi banyak orang, mendongeng adalah hal yang sangat langka bukan hanya karena jarang dilakukan tapi juga bahan mendongeng . Padahal, mendongeng, menurut para psikolog merupakan aktivitas yang bisa mengembangkan imajinasi dan kreativitas pendengarnya.

Memanfaatkan bahan buku bacaan yang tersedia di Perpustakaan Sophia, Radio Mosintuwu yang mengudara di gelombang 107.7 FM menyajikan program khusus mendongeng. Program yang disiarkan setiap hari Jumat – Sabtu pukul 12.00 – 13.00 ini diberi nama Dongeng Ajaib.

Revlin Mandala, manager Radio Mosintuwu mengatakan “ mendongeng di radio menjadi kegiatan yang menantang. Pertama-tama karena kita tidak berhadapan langsung dengan orang lain yang kita ceritakan dongengnya, tapi berhadapan dengan mikropon. Selain itu seringkali kita bisa salah baca dan harus cepat berinisiatif untuk mengubah kata-kata”  Tapi menurut Revlin kegiatan mendongeng di Radio Mosintuwu juga menjadi kegiatan yang ditunggu-tunggu sebagian besar anak-anak di wilayah Tentena dan sekitarnya .

“Anak-anak saat ini jarang sekali dibacakan dongeng atau cerita oleh orang tuanya. Melalui Radio Mosintuwu, setiap anak bisa mendengarkan dongeng tanpa harus keluar rumah atau mengeluarkan uang untuk membeli buku “ demikian Susan Gintoe, pengelola perpustakaan Sophia yang juga membantu mengelola Dongeng Ajaib di Radio Mosintuwu. Dongeng dari berbagai daerah di Indonesia termasuk dari luar negeri menjadi favorit anak-anak. Terdapat pula dongeng fabel yang terkenal yang mengajak pendengarnya berpetualangan mendengar para tokoh binatang dalam dongeng melakukan aksinya.

Baca Juga :  Widya, Perempuan Pembela Hak MasyarakatWidya, Fighter for the Social Justice

Sophia 9 tahun, Ella 12 tahun, dan Gea 8 tahun adalah sebagian dari anak di wilayah Tentena yang membacakan dongeng di Radio Mosintuwu. Susan dan Revlin sesekali membantu membacakan dongeng. “ Senang sekali bisa siaran dan baca dongeng di Radio Mosintuwu. Teman-teman di sekolah banyak yang mendengarkan saya mendongeng. Saya sedikit malu tapi senang sekali“ cerita Gea. Sophia sangat menantikan saat untuk mendongeng di Radio Mosintuwu “ saya sudah punya 10 bahan untuk mendongeng untuk bulan ini” ujarnya sambil menunjukkan buku bacaan yang baru saja dibacanya. Sementara itu Ella yang sangat menyukai mendongeng mengungkapkan “Dengan mendongeng di Radio Mosintuwu, saya bisa mengekspresikan diri “

“Siapa saja yang tertarik untuk mengekspresikan diri dengan mendongeng kami undang ke studio “ kata Revlin. “ Semakin banyak dongeng yang kita baca, semakin kuat imajinasi anak-anak terbentuk dan membangun karakter mereka yang aktif dan kreatif “ sambung Susan.  Dongeng Ajaib disiarkan setiap hari Jumat dan Sabtu pukul 12.00 disertai lagu anak-anak yang menarik.

Baca Juga :  Membangun Imajinasi Poso Damai dan Adil di Sekolah Perempuan

Sejak siaran di bulan Februari 2016, Radio Mosintuwu semakin diminati semua kalangan termasuk anak-anak dengan hadirnya dongeng ajaib.

Tinggalkan Balasan

Silahkan berkomentar
Mohon masukkan nama anda