Festival KawaninyaTotal Solar Eclipse Festival

0
146
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Press Release

FESTIVAL  KAWANINYA
( Festival Gerhana Matahari Total ) Poso

Jadilah saksi mata pada fenomena alam langka yang terjadi 350 tahun sekali yaitu Gerhana Matahari Total tanggal 9 Maret 2016 Kabupaten Poso adalah tempat yang tepat untuk menikmati Gerhana Matahari Total karena menyediakan serangkaian kegiatan menarik dalam program Festival Kawaninya atau festival Gerhana Matahari Total tanggal 8- 9 Maret 2016. Festival Kawaninya yang berasal dari bahasa Poso, yang berarti kegelapan total ini akan diadakan di Desa Kalora, Kecamatan Poso Pesisir Utara, Kabupaten Poso.

Kegiatan-kegiatan di Festival Kawaninya mengangkat tema “ Dari Poso untuk Alam Semesta” , terdiri dari :

1. Pengamatan Gerhana Matahari Total

Matahari tidak dapat dilihat dengan mata telanjang karena dapat mengakibatkan saraf mata menjadi rusak. Selain itu gerhana matahari tidak dapat disaksikan dengan mata telanjang karena cahaya matahari tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Karena itu dibutuhkan kacamata khusus yang disebut kacamata matahari. Pengunjung festival akan difasilitasi 3000 kacamata matahari, untuk dapat melihat proses gerhana matahari hingga pada saat gerhana matahari total.

2. Pameran Astronomi

Bagaimana langit dan angkasa kita? Di lokasi festival akan disediakan pameran astronomi sehingga setiap pengunjung dapat melihat apa yang ada di angkasa, mengenal tata surya, planetarium, melalui video dan gambar .

3.  Pesta Bintang

Observatorium Institut Teknologi Bandung ( sebuah lembaga yang fokus mengamati angkasa luar) membawa 4 teleskop dari Bandung untuk dinikmati oleh pengunjung festival. Pada malam hari akan dilakukan bersama pesta bintang yaitu mengamati bintang dan planet di luar angkasa melalui teleskop khusus.

4.    Pameran Fotografi dan Workshop Lubang Jarum

Bahan bekas seperti kaleng dapat menjadi kamera foto dengan memanfaatkan cahaya matahari. Teknik ini akan ditampilkan dalam pameran fotografi dan workshop fotografi lubang jarum, difasilitasi oleh fotografer nasional, Vifick, dari Rumah Kelima Bali.

5.    Anak Alam Semesta

Festival akan memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk mengenal keindahan alam semesta melalui permainan ular tangga astronomi, roket air , berkarya tentang alam semesta juga dongeng alam semesta. Dongeng alam semesta akan dibawakan khusus dari Ayo Dongeng Indonesia dari Jakarta. Pengunjung akan diajak untuk membuat roket air bersama-sama. Roket air akan diluncurkan bersama-sama saat menutup gerhana matahari total.

6.    Pasar Desa

Mensyukuri alam semesta di Festival Kawaninya dengan menghadirkan hasil bumi, kerajinan dan kriya dari desa-desa di Kabupaten Poso yang bisa dibeli oleh pengunjung sebagai ole-ole khas Poso.

7.    Selera Kampung / Kuliner Desa

Alam memberikan kekayaan kuliner di tana Poso. Kekayaan kuliner ini akan disuguhkan dalam pasar kuliner desa. Di pasar kuliner desa, pengunjung dapat menikmati menu makanan dan minuman khas setiap saat.

8.    Pentas Seni

Mari menikmati beragam pentas seni dan kreativitas. Tarian massal Motaro yang dibawakan oleh ratusan anak-anak, akan menghiasi pembukaan Festival Gerhana Matahari; demikian juga karnaval baju adat dan peragaan busana dari bahan alam dan bahan sampah oleh kelompok sekolah perempuan Mosintuwu.

Festival Kawaninya merupakan kerjasama Pemerintah Daerah Kabupaten Poso dengan Institut Mosintuwu , BOSSCHA Observatory Institut Teknologi Bandung, UNAWE, didukung Ayo Dongeng Indonesia di Jakarta dan Rumah Kelima di Bali . Informasi mengenai kegiatan Festival Kawaninya dapat menghubungi : Emanuel : 081341424000 (Dinas Pariwisata Kabupaten Poso) Tety:  08135486449 (Institut Mosintuwu)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Tinggalkan Balasan

Silahkan berkomentar
Mohon masukkan nama anda